Introduction / Pengenalan

Tips Merawat Printer Thermal Agar Tidak Cepat Rusak dan Tetap Optimal

Printer Thermal

Printer thermal merupakan salah satu perangkat yang penting bagi bisnis Anda. Printer ini digunakan untuk mencetak struk, nota, atau faktur. Namun, seringkali printer thermal tidak dirawat dengan baik atau merawat dengan cara yang salah sehingga mengalami masalah atau malah kerusakan yang berakibat fatal.

Printer Thermal membutuhkan daya panas untuk mencetak di media cetak yaitu paper thermal, komponen yang digunakan untuk mencetak adalah Headprint dan ini bagian paling vital dalam printer thermal, dan perlu perhatian ekstra dalam merawatnya.

Dalam artikel ini kita akan membagikan beberapa faktor penyebab kerusakan pada printer thermal serta tips merawat printer thermal.

Faktor – faktor penyebab printer thermal rusak

1. Adanya Kotoran / Debu yang Menumpuk

Printer thermal juga dapat menghasilkan berbagai kotoran, seperti debu, dan berbagai jenis kontaminan yang lainnya. Jika tidak ada perawatan dan pembersihan printer secara rutin, kotoran tersebut dapat menyumbat printer dan printhead Anda.

2. Printhead yang aus

Printhead yang aus ini juga merupakan salah satu penyebab dari printer thermal rusak. Hal ini disebabkan Printhead tersebut tidak dapat bertahan selamanya. Printhead yang aus juga bisa menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah garis tipis yang terbakar dari atas ke bawah.

Selain itu akibat dari Printhead yang aus ini juga dapat mengakibatkan pencetakan yang tidak lengkap serta dapat menurunkan kualitas hasil cetak. Solusi untuk memperbaikinya adalah Anda dapat membawa pencetak thermal ke service center di kota Anda.

Tips – tips merawat printer thermal

Berikut adalah tips merawat printer thermal :

  1. Jagalah Printhead agar tetap bersih dari debu maupun kotoran, karena komponen ini merupakan bagian vital dari printer thermal. Jika rusak maka fungsi utama dari printer yaitu mencetak tidak dapat dilakukan
  2. Jangan gunakan benda tajam atau runcing saat membersihkan bagian printer karena serpihan-serpihan dapat merusak printer
  3. Bersihkan bagian dalam dan luar printer dua kali seminggu. Bersihkan dari serpihan kertas dan juga kelembapan jika berada di ruang AC
  4. Memilih kertas yang tepat juga sangat penting untuk menjaga kualitas cetakan printer thermal. Jangan menggunakan kertas termal yang kotor karena dapat merusak printer.
  5. Paparan sinar matahari langsung dapat merusak kualitas cetakan printer thermal. Jangan menempatkan printer di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Letakkan printer di tempat yang cukup teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  6. Pastikan kabel dan koneksi printer thermal Anda dalam kondisi baik. Apabila terdapat kabel atau koneksi yang rusak, segera ganti atau perbaiki. Kabel atau koneksi yang rusak dapat menyebabkan printer thermal tidak berfungsi dengan baik.
  7. Menyalakan printer thermal terus menerus dapat memperpendek umur printer. Jangan biarkan printer thermal menyala lebih dari 8 jam sehari. Matikan printer ketika tidak digunakan dan pastikan printer dalam keadaan bersih dan kering sebelum digunakan kembali.

Cara Membersihkan ?

1. Printhead

Jangan lupa gunakan kapas dan sedikit alkohol untuk membersihkan ujung bawah printhead. Pada umumnya, head printer juga harus dibersihkan dengan menggunakan alkohol isopropil dengan kadar setidaknya 70%.

2. Printer

Bersihkan printer termal dengan kain yang lembut dan kering. Kain basah dapat merusak printer thermal.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Jenis – jenis printer ?
Printer thermal terbagi menjadi 2 jenis yaitu thermal direct dan thermal transfer. Thermal direct tidak membutuhkan ribbon untuk mencetak, sementara thermal transfer membutuhkan ribbon.

2. Umur pemakaian printer thermal ?
Umur printer thermal tergantung dari pemakaian dan perawatan yang dilakukan. Dengan perawatan yang baik, printer thermal dapat bertahan hingga 5 tahun* (tergantung pemakaian / jumlah pemakaian perhari)

3. Perbedaan kertas thermal dan biasa ?
Kertas termal memiliki lapisan khusus yang dapat merespon panas dari printer untuk menampilkan gambar atau tulisan yang dicetak. Sementara kertas biasa tidak memiliki lapisan khusus tersebut.

4. Apa yang harus dilakukan jika printer thermal mengalami kertas macet?
Jangan menarik kertas secara paksa, matikan printer dan coba keluarkan kertas dengan hati-hati. Jangan gunakan benda tajam seperti gunting atau pisau untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut.

5. Penyebab printer thermal tidak bisa cetak ?
Penyebab printer thermal tidak bisa mencetak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti consumables yang habis, kabel atau koneksi yang rusak, atau suhu ruangan yang tidak sesuai.

6. Dampak dari tidak merawat printer ?
Jika tidak merawat printer thermal dengan baik, tentu saja akan berakibat hasil cetakan yang menurun dan umur printer akan cepat habis

Kesimpulan Tips Merawat Printer Thermal

Dengan mengikuti panduan Tips Merawat printer thermal dengan baik adalah kunci sukses bisnis Anda. Dengan menjaga kondisi printer thermal Anda secara rutin dan memperhatikan kebutuhan perawatan, kualitas cetakan akan selalu optimal dan umur printer thermal akan lebih panjang. Semoga tips merawat printer thermal yang kami berikan dapat membantu Anda dalam menjaga kinerja printer thermal Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait printer thermal, jangan ragu untuk menghubungi kami di Sadar Jaya.