5 Cara Merawat Printer Yang Benar Supaya Awet dan Tahan Lama

5 Cara Merawat Printer

Printer merupakan hadware output yg dipakai untuk kegiatan percetakan, entah percetakan rumahan atau percetakan besar misalnya bisnis. Merawat printer terbilang susah dan mudah, printer termasuk hadware sensitif atau mudah rusak apabila kita tidak mampu merawatnya. Printer mempunyai banyak sekali jenis misalnya printer inkjet, printer laser, printer plotter & masih banyak lagi.

Untuk 5 Cara Merawat Printer masing masing jenis printer mempunyai perbedaan perawatan. Printer mempunyai aneka macam merek misalnya Canon, Epson, Lexmark & masih banyak lagi, masing masing merek juga banyak sekali kelebihan & kekurangan. Untuk mencari merk yg pas buat kebutuhan, saya sarankan buat tanya ke tetangga atau kerabat dekat yg lebih lama memakai printer. Jadi saat kamu kesusahan memakai printer tinggal tanya ke tetangga kamu.

Paket pembelian perinter paling murah merupakan printer jenis inkjet, Printer jenis inkjet merupakan printer yg mempunyai tabung tinta berada pada luar, jadi waktu kehabisan tinta tidak perlu repot untuk membongkar printer buat sekedar pengisian tinta. Printer inkjet tergolong printer yg sangatlah murah, harga printer jenis ini kurang lebih 300-400 ribu rupiah cocok untuk aktivitas rumah atau perkantoran kecil. Kekurangan printer inkjet merupakan printer ini gampang rusak jika engkau tidak mampu merawatnya.

Perlu kita tahu, printer merupakan hadware yg paling krusial waktu untuk kerja atau aktivitas percetakan rumah. apabila kamu punya printer harus ikuti tips cara merawat printer berikut ini.

5 Cara Merawat Printer

Berikut ini merupakan Tips 5 Cara Merawat Printer :

  1. Pemakaian Printer Secara Teratur Penggunaan printer paling krusial & wajib kamu perhatikan apalagi bila printer kamu usang tidak kamu pakai akan mengakibatkan tinta kering & akhirnya tersumbat. apabila tinta printer tersumbat akan menyebabkan efek tidak baik misalnya proses print terhambat bahkan output cetakan rusak gara gara catridge tersumbat tinta kering.

Cara Merawat Printer

  1. Pengisian Tinta Berkala Pada Tabung Ataupun Catridge Apakah kamu tahu ? Printer pada keadaan jalan & keadaan mati masih mekonsumsi tinta jadi usahakan buat memakai terus menerus agar tinta tidak kering & terbung sia sia, apalagi dalam waktu Head Cleaning proses ini sangatlah membuang banyak sekali tinta, akan tetapi hal ini jua membantu buat proses perbaikan dalam printer. Hal yg jangan hingga kamu lupakan merupakan mengisi tinta, apabila kamu lupa isi tinta akan menyebabkan penuhnya tinta yg berada pada dalam selang printer kamu & akan menyebabkan kerusakan waktu percetakan. Jadi pastikan tinta terisi setenggah pada dalam tabung.

    5 Cara Merawat Printer

  2. Cara Memakai Printer Dengan Benar Memakai sebuah printer diawali denggan mengaktifkan tombol power on atau Off & selanjunya head akan otomatis berjalan hal ini berfungsi buat membersihkan tinta. Biarkan head tetap berjalan & jangan sampai kamu mematikan printer langsung mencabut kabel hal ini akan mengakibatkan fatal misalnya head mengalami kerusakan atau sebagainya lantaran head dalam printer akan kaget apabila kamu lakukan seperti itu.
  3. Perhatikan Cara Mencetak Cara mencetak menggunakan printer dengan baik & benar seperti berikut ini :
    • Buka arsip atau dokumen yg akan di cetak
    • Pilih File kemudian pilih Print atau Ctrl+P
    • Selanjutnya akan terbuka kolom buat perintah print disitu kamu mampu mengubah ukuran, jumlah print, ukuran kertas, dll
    • Jangan lupa menaruh kertas bersih yg berada pada printer
    • Klik print & proses print telah mulai.
    • Print proses hingga terselesaikan & jangan sampai kamu tarik kertas waktu proses print, hal ini akan menyebabkan kerusakan dalam print.
  4. Menjaga Kebersihan Printer Dan Area Sekitar Printer Kebersihan printer sangalah krusial sekali. Kebersihan sebagian dari iman, kebersihan dimulai dari niat kamu membeli & merawat sebuah printer. Pastikan lokasi pada sekitar printer tidak terlalu banyak debu. Hal yg wajib kamu perhatikan disaat cek kebersihan printer misalnya roll kertas, pada printer, tabung tinta. Roll kertas umumnya disana paling banyak debunya apalagi printer yg tidak pernah di tutup & dibiarkan dibuka hal ini akan membuat printer menjadi banyak debu di dalamnya.

Itulah Beberapa Tips dan Trick 5 Cara Merawat Printer Yang Benar Supaya Awet dan Tahan Lama, Tunggu Tutorial Lainnya dari Kami Selanjutnya.