Tanggal 14 Oktober Ada Apa ? Ini Jawabannya !
Tanggal 14 Oktober

Tanggal 14 Oktober

Terdapat sejumlah momen penting yang diperingati pada tanggal 14 Oktober setiap tahunnya. Lantas, tanggal 14 Oktober 2023 ini memperingati hari apa saja?

Tanggal 14 Oktober 2023 jatuh pada hari Sabtu berdasarkan perhitungan kalender Masehi. Sejumlah peringatan dirayakan pada hari ini, salah satunya Hari Standar Sedunia.

Selain itu, tanggal 14 Oktober juga memperingati Hari I Love You Sedunia, Hari Musik Universal, serta Hari Hospis dan Perawatan Paliatif Sedunia. Simak penjelasan hari-hari tersebut di bawah ini!

Hari Standar Sedunia

Setiap tanggal 14 Oktober, Hari Standar Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya standarisasi produk secara global bagi perekonomian dunia. Hari ini dipersembahkan oleh para anggota International Electrotechnical Commission (IEC), International Telecommunication Union (ITU), dan International Standards Organization (ISO).

Dilansir dari laman resmi ISO, lembaga-lembaga tersebut memberikan penghormatan terhadap perjuangan ribuan ahli di seluruh dunia dalam merumuskan perjanjian teknis sukarela. Perjanjian itu diterbitkan sebagai Standar Internasional.

Mengutip National Today, pembentukan Hari Standar Sedunia ini berawal dari pertemuan tahun 1946 yang melahirkan organisasi internasional untuk standarisasi seperti IEC, ISO, ITU, dan lainnya. Perayaan hari ini melibatkan para ahli dan sukarelawan dari seluruh dunia untuk menarik perhatian masyarakat akan pentingnya standar tertulis pada produk terhadap ekonomi global.

Di Amerika Serikat sendiri Hari Standar Sedunia dirayakan oleh komunitas standarisasi di Washington yang mengadakan pameran, pertemuan, serta jamuan makan malam. Di beberapa negara lainnya hari ini dimeriahkan dengan seminar, konferensi pendidikan, dan kompetisi setiap tahunnya.

Adapun langkah-langkah untuk mendapatkan standar internasional menurut ISO dimulai dari pengembangan draf atau proposal yang diajukan ditinjau apakah sudah memenuhi kebutuhan pasar. Setelahnya, para anggota organisasi berunding dan memberikan suara terhadap proposal itu. Proses itu biasanya memakan waktu hingga tiga tahun.

Hari “I Love You” Sedunia

Hari “I Love You” Sedunia jatuh pada tanggal 14 Oktober yang dirayakan di Amerika Serikat. Hari ini tidak hanya diperuntukkan untuk pasangan, melainkan keluarga dan teman yang sangat disayangi.

Melansir National Today, penetapan hari ini bermula karena promosi sebuah film romantis pada tanggal 14 Oktober 2015. Sutradara film drama romantis asal Filipina kemudian mengunggah tagar #EverydayILoveYou yang menjadi trending di negara tersebut.

Tagar yang diluncurkan di Twitter itu mendapatkan dukungan yang luas sehingga melahirkan tagar lain yakni #NATIONALILOVEYOUDAY. Tagar ini seketika menjadi tren teratas di Twitter Filipina.

Meski film tersebut tidak mendapatkan ketenaran di Amerika Serikat, tagar #NATIONALILOVEYOUDAY meroket popularitasnya di negeri Paman Sam tersebut. Tweet dengan tagar itu tersebar di 62 negara dan menjangkau total tiga juta orang dengan kata sederhana yaitu “I Love You”.

Kalian bisa merayakan hari ini dengan menyampaikan rasa cinta dan terimakasih kepada orang tersayang. Habiskan pula waktu bersama orang-orang tersebut dengan pergi jalan-jalan atau berlibur.

Hari Musik Universal

Hari Musik Universal diperingati setiap hari Sabtu kedua di bulan Oktober. Tahun 2023 ini, hari itu jatuh pada tanggal 14 Oktober.

Dikutip dari National Day Calender, Hari Musik Universal ditemukan pertama kali pada tahun 2007. Hari ini ditemukan oleh seorang pembicara profesional bernama Susan Patricia Golden.

Dirinya percaya bahwa membuat musik menciptakan kesejahteraan. Ekspresi kreatif dari musik menurutnya merupakan hadiah terbesar yang bisa diberikan kepada diri sendiri.

Susan menciptakan hari ini agar seluruh dunia dapat bermusik bersama untuk menciptakan perdamaian dan keharmonisan. Oleh karena itu, jadikanlah Sabtu kedua di bulan Oktober ini untuk berkumpul mengapresiasi dan menikmati musik.

Hari Musik Universal bisa dirayakan dengan menghadiri konser-konser lokal dan bermain alat musik. Selain itu, rencanakanlah malam karaoke bersama teman untuk bersenang-senang.

Hari Hospis dan Perawatan Paliatif Sedunia

Tanggal 14 Oktober juga diperingati sebagai Hari Hospis dan Perawatan paliatif Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang terkena masalah kesehatan serius.

Hari ini menyoroti hak-hak orang dengan Life Limiting Illness (LLI) atau pengidap penyakit ganas yang dapat diperkirakan menyebabkan kematiannya. Di hari-hari terakhirnya, mereka memiliki hak untuk merasa nyaman dengan cara dirawat sesuai kebutuhannya.

Model perawatan bagi pasien yang diperkirakan akan meninggal itu disebut dengan perawatan hospis. Pada abad ke-19, perawatan hospis mulai berkembang dan menarik perhatian karena aksi sukarelawan wanita yang melayani orang sakit dari berbagai negara.

Kemudian pada abad ke-20, banyak rumah sakit dengan perawatan hospis didirikan. Pada tahun 1967, seorang pemimpin hospis St. Christopher Inggris bernama Cicely Saunders mengembangkan keilmuan ini. Praktiknya pun menyebar secara global dan diikuti oleh sukarelawan yang merawat pasien hospis sekarat di Amerika Serikat.

Pada tahun 1987, pusat perawatan paliatif berbasis rumah sakit pertama kali didirikan oleh Dr. Declan Walsh. Hingga saat ini perkembangan perawatan hospis di seluruh dunia berjalan semakin pesat.

Oleh karena itu, Hari Hospis dan Perawatan paliatif Sedunia dirayakan pertama kali pada tahun 2005.

Tanggal 14 Oktober
Tanggal 14 Oktober
Tanggal 14 Oktober
Tanggal 14 Oktober

Related Articles