Introduction / Pengenalan

Apa itu Threads ?

Dalam era yang semakin terhubung secara digital, mengelola konten dan berbaginya dengan orang lain menjadi semakin penting. Untungnya, hadirnya aplikasi ini membuat tugas ini menjadi lebih sederhana dan menyenangkan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi aplikasi dan cara menggunakan aplikasi ini sehingga Anda dapat memulai pengalaman baru yang kaya dengan berbagi konten.

Threads adalah aplikasi berbagi media sosial yang dikembangkan oleh Facebook. Diciptakan khusus untuk pengguna Instagram, memungkinkan Anda untuk dengan mudah berbagi foto, video, pesan teks, dan cerita dengan teman-teman terdekat Anda. Aplikasi ini didesain untuk memberikan pengalaman yang pribadi dan intim dalam berkomunikasi, sehingga Anda dapat tetap terhubung dengan orang-orang penting dalam kehidupan Anda.

Cara Download & Cara Membuat Akun Threads

Threads Cara Download, Cara Membuat Akun dan Perbedaannya dengan Twitter

Aplikasi ini dapat dipakai di ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduhnya:
1. Buka aplikasi Google Play Store atau Apple App Store
2. Pada kolom pencarian, ketik Threads by Instagram
3. Untuk mengunduh aplikasi, cukup ketuk tombol Instal
4. Tunggu sampai aplikasi terpasang
Selain mencari aplikasi secara manual di Play Store atau App Store, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi tersebut dengan mengklik tautan berikut:
Tautan Unduh APK Android (Play Store)
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.barcelona
Tautan Unduh iOS (App Store)
https://apps.apple.com/us/app/threads-an-instagram-app/id6446901002

Cara Mendaftar

Setelah mengunduh aplikasi Threads Instagram, langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk dapat menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi Threads yang sudah terpasang
2. Klik bagian masuk (di sini nama akun Instagram akan terhubung secara otomatis)
3. Pengguna akan diberikan opsi untuk ‘Impor dari Instagram’
4. Selanjutnya, pengguna dapat mengatur privasi apakah akun Threads ingin dibuka secara publik atau pribadi
5. Setelah itu, pengguna akan diberikan opsi lagi apakah ingin mengikuti semua akun yang sudah diikuti di Instagram. Jika ingin mengikuti, tinggal klik ikuti semua. Jika tidak, dapat dilewati dengan mengklik tanda panah berikutnya di pojok kanan atas
6. Setelah semua selesai, tinggal klik ‘Gabung ke Threads’

Fitur & Istilah di Threads Instagram

Threads

Fitur-fitur

1. Tab Utama atau Beranda
Seksi ini menampilkan postingan dari pengguna lain. Bahkan, postingan yang muncul tidak terbatas pada akun yang diikuti saja, konsepnya sama seperti Twitter sebelum ada opsi untuk hanya menampilkan postingan dari akun yang diikuti.

Setiap thread (sebutan untuk postingan) yang muncul pada bagian feed dilengkapi dengan beberapa fitur, mulai dari tombol suka, komentar, membagikan ulang, dan fitur bagikan.

2. Tab Cari
Sama seperti media sosial lainnya, aplikasi ini juga memiliki fitur pencarian. Namun, fitur pencarian ini hanya berfungsi untuk mencari akun pengguna saja.

Fitur ini tidak dapat digunakan mencari topik atau kata kunci tertentu seperti fungsi pencarian pada Twitter.

3. Tab Thread Baru
Tab yang posisinya tepat di tengah ini merupakan tab khusus yang disediakan untuk memposting thread. Fitur ini dapat digunakan pengguna untuk menulis dan memposting satu thread atau thread berurutan sekaligus dengan maksimal 500 karakter untuk setiap thread.

Pada bagian ini, pengguna juga bisa mengatur apakah postingan tersebut bisa dikomentari oleh pengguna lain atau terbatas oleh pengikut maupun pengguna yang ditandai saja.

4. Tab Aktivitas
Seksi ini memiliki fungsi yang sama dengan tab aktivitas media sosial lainnya. Pada tab dengan ikon berbentuk hati ini, pengguna bisa melihat semua aktivitas dan pemberitahuan.

Pada bagian ini, terdapat empat menu yang tersedia, yaitu Semua, Balasan, Penyebutan dan Terifikasi yang masing-masing fungsinya sebagai berikut:

  • All: untuk melihat semua aktivitas dan notifikasi
  • Replies dan Mentions: hanya menampilkan notifikasi terkait komentar atau thread yang menandai pengguna
  • Verified: menampilkan aktivitas dari akun terverifikasi yang mengikuti pengguna

5. Profile
Bagian terakhir yang berada pada sudut kanan bawah adalah tab profile. Pada bagian ini pengguna bisa melihat daftar thread yang pernah dibuat atau komentar yang pernah diposting sebelumnya

Istilah - Istilah

Jadi ceritanya, satu hari setelah aplikasi ini resmi dirilis, tepatnya tanggal 7 Juli 2023, melalui Instagram pengembang membagikan konten yang cukup menarik. Carousel yang diberi judul Threads Dictionary ini, berisi informasi seputar istilah yang diketahui di aplikasi ini.

Salah satu contohnya ada kata Threads, yang mana perusahaan menyebutkan sebagai kata benda dan sebuah aplikasi baru. Kemudian jika menghilangkan huruf ‘s’, maka meninggalkan kata Thread yang memiliki fungsi hampir sama seperti di Twitter. Berikut daftarnya:

  • Thread: Diskusi
  • Post: Kiriman konten dalam bentuk teks maupun media
  • Reply: Tanggapan terhadap konten orang lain
  • Repost: Membagikan ulang kiriman orang lain di akun sendiri
  • Quote: Membagikan kiriman orang lain sambil memberikan tanggapan pribadi

Perbedaannya dengan Twitter

Threads

1. Ketersediaan
Mengutip Business Today, ketika dimulai sekitar 16 tahun yang lalu, Twitter hanyalah sebuah situs web dan mendapatkan popularitasnya dengan cara yang serupa. Namun, dengan adaptasi smartphone yang cepat, aplikasi ini akhirnya diperkenalkan di Android dan iOS.

Berbeda dengan Twitter, Threads saat ini hanya untuk aplikasi, yang dapat diunduh dari toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.
Mengingat popularitas Instagram sebagai sebuah aplikasi, tampaknya Meta menggunakan prinsip yang sama sehingga situs web Threads mungkin tidak akan segera tersedia.

2. Sinkronisasi akun
Di Twitter, seseorang dapat masuk menggunakan opsi seperti surel, nomor telepon, dan bahkan hanya nama pengguna. Twitter adalah aplikasi independen dan tidak terhubung dengan aplikasi lain, hanya meminjam informasi log.

Sementara itu, Threads disinkronkan dengan Instagram. Untuk saat ini, tidak ada cara lain untuk masuk ke Threads selain melalui akun Instagram Anda dan sebaliknya. Utas bahkan tidak dapat dihapus tanpa menghapus akun Instagram Anda.

3. Akses
Dikutip dari NDTV, pengguna Twitter yang tidak memiliki tanda centang biru dapat memposting video berdurasi 2 menit 20 detik. Sedangkan Threads, pengguna (termasuk yang belum diverifikasi) akan dapat memposting video berdurasi lima menit.

4. Jumlah Karakter
Di Twitter, pengguna yang tidak berlangganan Twitter Blue alias pengguna gratis, hanya memiliki batas 280 karakter untuk setiap satu twit. Pengguna dapat membuat utas (thread), yaitu kumpulan beberapa twit dengan topik yang sama.

Sementara di Threads, pengguna mendapatkan batas hingga 500 karakter untuk setiap satu posting yang dibuat. Pengguna juga bisa membuat thread, sebutan untuk postingan di Threads, mirip twit di Twitter.

5. Jumlah Following tidak tampil di Threads
Tidak hanya Twitter, aplikasi jejaring sosial umumnya akan menampilkan jumlah pengikut dan pengguna yang diikuti di halaman depan. Namun, pengguna Threads tidak dapat melihat jumlah orang yang diikuti oleh pengguna lain di profil mereka.

6. Kolom Pencarian
Kolom pencarian Twitter memungkinkan Anda untuk mencari pengguna Twitter, mengeksplorasi topik yang sedang tren di seluruh dunia dan di sekitar Anda, serta menemukan video yang sedang viral. Sementara itu, kolom pencarian Threads hanya memungkinkan Anda mencari pengguna untuk diikuti.